Hal yang paling di takutkan oleh pria adalah kebotakan. Bagaimana tidak, pria / laki-laki memiliki resiko besar terkena kelainan ini. sebagian besar kebotakan pria di pengaruhi oleh faktor keturunan, entah itu dari keluarga bapak ataupun dari ibu. Kondisi dimana si anak akan mewarisi rambut yang lemah terhadap Hormon DHT ( Dihidro Testosteron ) sejenis Hormon turunan dari Testosteron, kebotakan jenis ini memiliki nama ilmiah yatu Androgenetic Alopecia.


Jika anda sebagai pemirsa pembaca merasa rambut anda mengalami kerontokan, cobalah melihat kepada orang tua anda, apakah diantara mereka memiliki sodara / bapak dan ibu yang botak. jika anda masih ragu-ragu, berikut Ciri-ciri kebotakan keturunan.


Ciri-ciri Kebotakan Keturunan:

Kebotakan keturunan disini dalam artian di sebabkan oleh Hormon DHT. Kerontokan rambut adalah hal yang wajar, rambut yang rontok akan tumbuh kembali. anda bisa melihat tingkat keparah kerontokan rambut anda, apakah rontok dalam jumlah yang besar atau masih dalam tingkat kewajaran yaitu di bawah 100 helai per hari.

Jangan terburu-buru menyimpulkan kerontokan anda di sebabkan oleh Hormon DHT. Karena selain Hormon DHT, kerontokan rambut bisa disebabkanoleh faktor lain, misalnya jamur. Jamur tumbuh subur di kulit kepala yang berminya dan bersisik ( kulit mati ), walaupun begitu biasanya tidak mengarah kepada kebotakan.

Jika anda memiliki keluarga dimana di antaranya memiliki pola rambut yang botak, maka waspadailah kemungkinan besar anda juga akan mengidap kebotakan yang sama. Beberapa ahli berpendapat bahwa Kromosom X ( penyabab kebotakan ) yang di bawa oleh ibu diwariskan dari kakek, namun saat ini berpendapat bahwah antar Ayah dan Ibu memberi peran terhadap kebotakan.


Pengobatan

Sayangnya kebotakan ini tidak bisa di obati, namun kabar baiknya ada beberapa cara untuk mempertahankan rambut yang terserang hormon DHT, yaitu: Cangkok rambut, Obat Fenasteride, Minoxidil, dan lainya.

Cangkok rambut bisa menyelamatkan penampilan anda, hal ini bisa dilakukan karena Hormon DHT hanya menyerang Folikel rambut tertentu saja, anda mengenal pemain sepak bola Wayne Rooney? dia juga mengalami kebotakan jenis ini dan tampaknya berhasil melakukan cangkok rambut.

Obat Fenasteride adal sejeni inhibitor DHT, obat ini akan memecah hormon DHT menjadi senyawa lainsebelum bereaksi terhadap Folikel rambut. ini akan mencegah bertemunya DHT dengan Folikel Rambut.

No comments:

Post a Comment