Semartphone sekarang ini tidak hanya di pakai untuk menelfon atau berinternet melainkan juga di gunakan untuk bernmain game, agar game berjalan lancar ada perangkat yang berfungsi sebagai pengolah grafis yang di sebut GPU ( Graphic Processing Unit ). Saat ini ada beberapa GPU yang cukup banyak di pakai oleh Smartphone.



Mali

GPU ini di miliki oleh perancang arsitektur prosesor yaitu ARM Holding. kebanyakan GPU Mali di pakai oleh Vendor Android yang sebelumnya memproduksi Laptop. seperti Lenovo, Acer. kebanyakan segmen kelas bawah. Agar mendukung bermain game, minimal device Android memiliki spesifikasi Mali 400 ke atas.

Adreno

Adreno adalah sebuah GPU yang di kembangkan oleh Qualcome, Adreno biasanya di kombinasikan dengan prosesor Snapdragon. Kebanyakan GPU Adreno di pakai pada perangkat Sony ,seperti seperti Xperia Play yang menggunakan Adreno 205.

Tegra

Tegra di kembangkan oleh NVidia, perusahaan ini juga terkenal akan produk Graphic Card pada PC / Komputer Desktop, Tegra adalah perangkat SOC ( System On Chip ) bukan GPU, Tegra gabungan dari CPU, GPU, dan Chipset. sengaja di desain seperti itu agar hemat konsumsi daya. Semua perangakat yang menggunakan GPU tegra biasanya sangat Exclusif untuk gaming dan memiliki harga yang relatif mahal,

PowerVR

Sebuah perangkat Chip untuk akselerator yang di desai agar hemat energi, PowerVR tidak di produksi dalam bentuk Chip melainkan di jual dalam bentuk lisensi kepada beberapa perusahaan seperti Texas Instrumen, Intel, Blackbery. Spesifikasi minimal yang saya rekomendasikan untuk bermain game gunakan PowerVR seri SGX530.

No comments:

Post a Comment