Bios adalah Basic Input Output Sistem, sistem ini tidak seperti OS yang bisa di instal driver. Artinya dia sudah memiliki kompatibilitas standart, sehingga ada ketentuan yang harus diikuti ketika menggunakan keyboard. Berbeda dengan OS yang biasanya akan menginstal Driver secara otomatis ketika di colokkan sebuah perangkat.


Ketika menggunakan Keyboard atau Mouse untuk melakukan konfigurasi BIOS, anda membutuhkan Keyboard atau Mouse dengan kabel port atau connector PS/2 yang biasa terdapat di belakang CPU. ini buka Playstation2 milik Sony ya, Hehehee. ini port standar untuk mengatur BIOS, jika anda mengatur BIOS menggunakan port USB sudah pasti tidak bisa.


mungkin sedikit artikel di internet yang bisa anda temukan untuk menjelaskan kenapa bios tidak bisa di atur menggunakan konektor USB karena mungkin jika anda ingin menjadi teknisi, seiringnya waktu pasti akan menyadari dengan sendiri. penyebab utama mungkin dikarenakan BIOS tidak memiliki program decoder yang kompleks seperti pada OS untuk membaca input dari Keyboar atau Mouse. kebanyakan motherboar saat ini sudah menggunakan PS2 dual connector.

OK. Jadi sekian dulu, memang lumayan panjang lebar hanya buat ngejelasinya karena saya harus mengikuti kebijakan Adsense, dimana diwajibkan menulis artikel yang tidak boleh singkat, Hehee jadi begitu deh.

No comments:

Post a Comment